Faktor Penyebab Kelainan Refraksi Mata



Kali ini kita akan membahas mengenai faktor penyebab kelainan refraksi, yang namanya kelainan pastilah terjadi karena ada penyebabnya, kira-kira apa saja ya penyebab kelainan refraksi ini ? Tapi sebelum masuk ke inti masalah kita harus tahu dulu apa itu kelainan refraksi.

Kelainan refraksi ialah salah satu kelainan pada organ penglihatan yakni mata, disaat mata kalian sudah tidak lagi berfungsi secara maksimal atau tidak lagi berfungsi secara normal maka saat itulah mata kalian mengalami refraksi.

Salah satu faktor terjadinya kelainan refraksi ini ialah faktor ukuran bola mata, ukuran bola mata pada bayi yang baru lahir berkisar antara 16 sampai 17 mm dan selama masa pertumbuhan bayi tersebut maka ukuran bola bayi tentu akan bertambah besar, sehingga akan mencapai ukuran rata-rata bola mata manusia yaitu sampai 24 mm.

Kalau misalkan ukuran bola mata yang terlalu panjang daripada seharusnya, maka akibatnya ialah cahaya yang masuk akan difokuskan didepan retina sehingga penderitanya tidak dapat melihat suatu objek dengan jelas atau buram atau juga blur, dan juga sebaliknya bila cahaya yang masuk pada bola mata yang terlalu pendek maka akan difokuskan dibelakang retina sehingga penderitanya pun sama yakni tidak dapat melihat objek dengan jelas.


Oleh sebab  itu, kelainan refraksi mata ini dapat berkembang terutama pada masa pertumbuhan antara bayi sampai menuju dewasa. Kelainan refraksi ini relativ stabil saat seseorang mencapai usia 18 sampai 20 tahun.

Faktor lain yang dapat menyebabkan kelainan refraksi pada mata yaitu bentuk kornea, bentuk kornea mata yang tidak bulat sempurna akan menyebabkan para penderitanya tidak dapat melihat suatu objek dengan jelas pada jarak berapapun, mau dekat ataupun jauh tetap tidak akan terlihat jelas.

Ohh ya, ada satu kondisi tertentu yang bukan merupakan kelainan refraksi, dimana akan muncul kekakuan lensa mata pada saat seseorang mencapai usia 40 tahun. Jadi, pada saat usia kita mencapai 40 tahun bahkan lebih dan lensa mata kita kaku maka itu bukanlah kelainan refraksi melainkan faktor penua-an.

Pada usia 40 tahun keatas, lensa mata menjadi kaku sehingga menyebabkan penderitanya mengalami gangguan melihat dengan jarak dekat, biasanya para penderita ini akan mengalami gangguan saat sedang membaca sebuah tulisan seperti membaca koran atau membaca status mantan yang lagi bahagia.

3 komentar

  1. Artikelnya sangat bermanfaat gan,


    Kunjungi blog saya juga ya, banyak juga artikel yang membahas seputar tutorial blogger dan Download Template Premium di Download template premium


    Tutorial Blogger

    BalasHapus


EmoticonEmoticon