NaZbMqZ8LWN6MWp7LGV6LWFbNSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE103

Game Online Mobile Popular di Luar, Namun Hancur di Indonesia

Baca Juga


Saat ini, mobile games atau game smartphone menjadi salah satu platform terbesar yang digunakan oleh para gamer untuk bermain game. Termasuk negara kita, Indonesia yang saat ini didominasi oleh banyaknya mobile games, mulai dari game offline seperti pou hingga online seperti PUBG Mobile. Para pengembang pun saat ini semakin memaksimalkan game buatannya untuk dapat dimainkan secara online.

Tapi nih, meskipun banyak sekali game-game online yang laris di Indonesia, ada juga yang nggak laris bahkan tidak dilirik sekalipun oleh para gamer Indonesia. Padahal beberapa games mobile ini di luar Indonesia sangat laku keras, kira-kira nih apa ya yang menjadi penyebab game-game mobile online ini gagal berkembang di Indonesia?

1. Fortnite


Fortnite merupakan salah satu game battle royale seperti PUBG yang awal kemunculannya hanya untuk pengguna PC dan sebenarnya sangat laris diluar sana, sehingga dibuatlah versi mobilenya yaitu PUBG Mobile agar bisa dimainkan melalui smartphone android ataupun IOS. Walaupun diluar Indonesia game ini sangat laris, tapi kenyataanya Fortnite Mobile benar-benar tidak berkembang disini, hal tersebut dikarekan Fortnite Mobile bias dimainkan dengan lancar smartphone kelas atas, sedangkan seperti yang kita tahu, gamer Indonesia rata-rata hany memiliki smartphone kelas low to mid end saja.

2. Asphalt


Game bergenre racing online memang sampai saat ini masih menjadi minoritas dipasar Indonesia, karena kebanyakan gamer Indonesia lebih menyukai game-game bergenre MOBA, battle royale dan strategi seperti Clash of Clans. Asphalt menjadi salah satu game minoritas tersebut, padahal diluar sana game ini cukup laris dan sampai dibuatkan turnamentnya lho.

3. Minecraft


Meskipun masih banyak sekali Youtuber Indonesia yang memainkan game ini, akan tetapi pada kenyataannya hanya segelintir orang yang memainkan game ini dan itupun hanya anak-anak yang tergolong masih “bocah”.

4. Brawl Stars


Kalian pernah memainkan game Clash of Clans ? Brawl star dan Clash of Clans dikeluarkan oleh developer yang sama yakni Supercell, berbeda dengan COC yang awal kemunculannya sangat popular, game terbaru dari Supercell yakni Brawl Star justru kebalik yakni sepi peminat dan jarang ada yang memainkannya.

5. Pokemon GO


Diawal kemunculannya game simulasi yang diadaptasi dari film kartun, yakni Pokemon GO sangat popular dan bahkan sempat menjadi trending dan pemberitaan oleh media massa karena banyak sekali orang-orang yang tiba-tiba memainkan game ini. Akan tetapi setelah kemunculan game-game seperti Mobile Legends, PUBG M, AOV, Pokemon GO ini tersingkir kepopuleraanya, hal tersebut juga berjalan dengan banyaknya cheater yang merugikan pemain lain.

Share This Article :
Admin

Adalah seorang blogger yang senang membagikan ilmu bermanfaat di dunia maya seputar Internet, Bisnis, Game, News dan Tutorial

3026058374969178520