5 Cara Mengatasi Android Lemot Paling Ampuh

Cara Mengatasi Android Lemot – Permasalahan yang paling sering terjadi pada Sistem Android adalah Lemot. Lemot dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah “Lemah Otak”, yang artinya Itu lambat dalam melakukan sesuatu. Jika Android Terasa Lambat Performanya, akan sangat menggangu sekali bukan.

Apa Penyebab Android Lemot?

5 Cara Mengatasi Android Lemot Paling Ampuh

Android Merupakan sistem operasi yang memungkinkan penggunanya untuk memasang aplikasi pihka ketiga, sehingga Terjadinya Lemot kemungkinan besar terjadi akibat pemasangan Aplikasi yang sembarangan ataupun terlalu banyak Aplikasi yang di pasang.

Android Lemot bisa terjadi pada semua Ponsel tanpa terkecuali, Bahkan pada Ponsel dengan Spesifikasi yang sudah Tinggi sekalipun. Jadi, bagi yang memiliki Android jadul jangan berkecil hati ketika mengalami Lemot ya.

Bagaimana Cara Mengatasi Android Lemot?

Ada beberapa hal yang bisa Kita lakukan untuk mengatasi Android lemot, bahkan terbilang mudah dan sangat simple loh. Untuk itu mari kita simak ulasan mengenai 5 Cara Mengatasi Android Lemot paling ampuh.

1. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Cara Mengatasi Android LemotSalah satu penyebab Android Kita mengalami Lemot adalah terlalu banyaknya Aplikasi yang dipasang pada Android Kita. Pemasanga Aplikasi yang berlebihan membuat penyimpanan ruang menjadi semakin sedikit dan Performa Android menajadi turun.

Gunakan Aplikasi sesuai kebutuhan dan jika perlu, gunakan Aplikasi multifungsi. Aplikasi Multifungsi merupakan Aplikasi yang bisa mengerjakan pekerjaan ganda hanya dengan satu Aplikasi. Jadi Kita bisa menghemat ruang penyimpanan dan tidak ada yang namanya Lemot lagi.

Singkirkan Aplikasi yang benar-benar tidak diperlukan dan usahakan untuk menginstal hanya beberapa Aplikasi saja. Semakin sedikit Aplikasi yang di Instal, maka semakin banyak ruang kosong yang dapat mempercepat kinerja Android Kita.

Cara mengatasi Android Lemot ini terbukti sangat ampuh, karena dengan menghapus Aplikasi yang tidak penting bisa membuat Kinerja Smartphone menjadi lebih maksimal.

2. Kosongkan Ruang Penyimpanan Internal

Cara Mengatasi Android LemotSistem Operasi Android mempunyai ruang penyimpanan internal yang gunanya untuk menyimpan beberapa file penting entah itu dari Aplikasi, Game, atau sebagainya. Penuhnya ruang internal mempunyai dampak yang sangat buruk bagi kinerja Android.

Penyimpanan Internal merupakan tempat penyimpanan Bawaan dari Ponsel itu sendiri, biasanya ada yang 8Gb, 16GB, dan 32GB. Besarnya ruang penyimpanan internal ini tidak bisa kita ubah, sehingga Kita perlu membatasi jumlah file yang disimpan dalam internal.

Semakin sedikit file yang disimpan dalam Memory Internal, maka kinerja Android Kita akan semakin baik. Tambahkan Memory Eksternal untuk menyimpan file seperti Gambar, Video, File, dan Game yang biasanya memiliki ukuran besar-besar.

3. Hapus Virus Pada Ponsel Anda

Cara Mengatasi Android LemotPonsel Anda sangat Lemot? Mungkin ada Virus nya. Virus bisa membuat Kinerja Android menjadi Lemot loh. Virus bisa menjadi pengganggu tanpa Kita sadari, karena untuk mendeteksi Virus pada Ponsel Anda membutuhkan Aplikasi pihak ketiga untuk mendeteksinya.

Banyak sekali Aplikasi untuk membersihkan Virus pada Android, silahkan pilih satu yang benar-benar bekerja dengan baik. Kenapa Tidak dua? Bukannya semakin banyak Semakin bagus?

Aplikasi Anti Virus akan terus aktif walaupun Anda tidak membukanya, dalam Artian Aplikasi Anti Virus bekerja di latar belakang. Jika Kalian Instal lebih dari satu, bukan tidak mungkin Android Anda akan semakin Lemot.

4. Jangan Gunakan Android saat di Charger

Cara Mengatasi Android LemotSalah satu kebiasaan buruk yang mungkin banyak orang lakukan (Termasuk Saya), Yaitu menggunakan Ponsel Anda pada saat di Charger. Mungkin Kalian memiliki beberapa alasan penting, entah itu karena bales sms pacar, bermain sosial media, atau bahkan bermain game.

Memang Kita pantang sekali tidak menggunakan Ponsel Andrid Kita pada saat di Charger, namun dampak buruknya sangat besar salah satunya yaitu dapat membuat Ponsel  kita menjadi sangat Lemot. Dampaknya bisa berkepanjangan loh, jadi hati-hati saja.

Penggunaan Ponsel pada saat di Charger bisa menurunkan Performa Android, salah satu tandanya seperti Panas yang berlebih. Sebenarnya, Mencharger Ponsel itu bisa kita gunakan sebagai waktu yang tepat untuk mengistirahatkan Android setelah kita pakai.

5. Factory Reset

Cara Mengatasi Android LemotJalan terakhir ketika semua cara diatas tidak berhasil adalah melakukan Factory Reset. Factory Reset bisa diartikan sebagai mengembalikan pengaturan ke Setelan Pabrik. Jadi semua data, File, dan Cache pada Ponsel Anda akan dihapus dan dikembalikan ke pengaturan awal saat membeli Ponsel.

Sebelum melakukan Factory Reset, dianjurkan untuk memindahkan File-File penting yang ada pada Penyimpanan Internal ke tempat lain. Melakukan Factory Reset setiap Ponsel mungkin sedikit cukup berbeda, yang jelas bisa kita lakukan melalui menu pengaturan atau Setelan.

Ini bisa dibilang salah satu Cara Mengatasi Android Lemot paling ampuh daripada yang lain karena sampah-sampah yang tersembunyi akan terhapus secara otomatis ketika melakukan Factory reset

Sekian ulasan mengenai 5 Cara Mengatasi Android Lemot Paling Ampuh. Semoga bisa bermanfaat untuk orang banyak dan jika berkenan silahkan Share Artikel ini ke Sosial Media kesayangan Anda.