Pengertian Hosting dan Domain Beserta Jenisnya [Lengkap]

Blogkingstone.com – Jika Kalian pernah mendengar kata “Hosting dan Domain”, apa yang pertama kali ada di benak Kalian? Sebuah Situs Web? Atau Akhiran dari nama sebuah Situs?

Untuk orang yang tidak mengenal Dunia Internet, mendengar kata Hosting dan Domain terdengar sangat asing. Bahkan tidak sedikit orang yang menganggap bahwa Hosting dan Domain itu sesuatu yang hanya bisa dipahami oleh orang-orang IM .

Pengertian Hosting dan Domain

Pengertian Hosting dan Domain Beserta Jenisnya [Lengkap]

Sebenarnya orang awam sekalipun bisa dengan mudah memahami Pengertian Hosting dan Domain, asalkan mereka membacanya di situs yang tepat dan tidak terbelit-belit.

Untuk itu disini Saya akan Share mengenai Apa itu Hosting? Apa itu Domain? Apa Perbedaan Hosting dan Domain? Secara panjang lebar.

1. Pengertian Hosting

Hosting merupakan Space atau tempat di Internet yang fungsinya untuk menyimpan data-data dari sebuah Website. Lebih tepatnya, Hosting itu sebuah wadah yang bisa Kita isi dengan berbagai macam data Website baik itu Website Pribadi, Perusahaan, ataupun Organisasi.

Jika Kalian masih belum paham mengenai apa itu Hosting, sebaiknya perhatikan baik-baik penjelasan berikut ini.

“Sekarang kalian sedang membaca Artikel tentang “Pengertian Hosting dan Domain” di situs Blogkingstone.com. Semua Data yang ada pada situs ini semuanya di simpan pada suatu Host secara Online agar bisa diakses oleh siapa saja, Termasuk Kalian. Nah Host itulah yang dinamakan Hosting”

“Kalian mempunyai Rumah? Nah Rumah Kalian itu harus dibangun di Tanah milik sendiri dong, masa punya orang lain. Rumah Kalian itu diibaratkan sebagai Website atau Blog, sedangkan Tanahnya adalah Hosting (Dalam bentuk fisik disebut Server).

2. Pengertian Domain

Domain bisa dikatakan sebagai Alamat Fisik, dimana orang-orang bisa masuk Situs atau Blog melalui Domain yang Kalian gunakan. Domain terdiri dari 2 Elemen utama, yaitu nama Website dan Ekstensi.

Misalkan Situs Blogkingstone.com, Nama Websitenya adalah (Blogkingstone) dan Ekstensinya adalah (.com). Jika diibaratkan, Situs Kalian adalah Rumah Kalian sendiri dan Domain adalah Alamat Rumahnya. Orang yang ingin ke rumah Kalian harus tahu Alamatnya dulu dong?

Jenis-Jenis Hosting dan Domain

Jenis-Jenis Hosting dan Domain

Kalian sudah membaca ulasan mengenai Pengertian Hosting dan Domain diatas, Nah selanjutnya Kalian juga harus tau mengenai jenis-jenis Hosting dan Domain agar tidak keliru dalam penggunannya.

1. Jenis-Jenis Hosting

Hosting memiliki beberapa Jenis, yaitu:

1. Shared Hosting

Jika Kalian mempunyai rencana untuk membuat Situs Web sederhana, sebaiknya gunakan Shared Hosting. Shared Hosting merupakan Web Hosting yang diaktifkan di Server yang sama, baik berupa Memory, Resource, Disc Space, dan lain sebagainya.

Nah Hosting inilah yang paling banyak digunakan orang banyak, karena selain harganya yang terjangkau juga mudah digunakan oleh pemula sekalipun. 

2. Vps Hosting

Virtual Private Server atau biasa disingkat Vps merupakan Web Hosting yang masih berbagi Server dengan pengguna lain, hanya saja Kalian akan mendapatkan tambahan Space server, Memory, dan Power Computing.

Bagi yang mempunyai Website atau Situs yang mempunyai Trafic Tinggi, menggunakan Vps adalah solusi terbaik. Selain tidak membebani Server, Pengguna Vps juga mendapatkan Kontrol Penuh karena bersifat Veritual dan juga Private.

3. Cloud Hosting

Jika Kalian lebih mementingkan kenyamanan pengunjung, lebih baik gunakan Cloud Hosting untuk Website atau Situs Kalian. Menggunakan Cloud Hosting tidak ada namanya Downtime, ketika Server Error tidak akan mempengaruhi Situs Kalian sama sekali.

Kenapa tidak ada Downtime? Karena Kita bisa menggunakan Sekelompok Server serta File dan Resource Direplikasi sehingga tidak akan terjadi Error sama sekali.

4. WordPress Hosting

Jika Kalian berniat ingin menggunakan Platform WordPress untuk membuat Situs Web, WordPress Hosting adalah pilihan terbaik. Bisa dibilang WordPress Hosting bentuk lain dari Shared Hosting, hanya saja WordPress Hosting dioptimalkan untuk pengguna WordPress.

Menggunakan WordPress Hosting tentu saja memiliki kelebihan tersendiri, karena Server dikonfigurasi khusus untuk pengguna WordPress. Makanya jarang sekali terjadi kesalahan baik dari Server Error ataupun Situs berjalan lambat.

5. Dedicated Hosting

Bagi Kalian ingin menggunakan Hosting yang Fleksibel, Dedicated Hosting bisa menjadi pilihan terbaik. Disini Kalian akan mendapatkan Server Fisik yang secara penuh hanya untuk Situs Kalian saja.

Sudah pasti biaya yang harus Kalian keluarkan tidaklah sedikit, karena bisa mendapatkan Kontrol Penuh dan Setup secara keseluruhan sesuai kebutuhan.

2. Jenis-Jenis Domain

Domain juga memiliki beberapa jenis yang harus Kalian ketahui, yaitu:

1. TLD (Top Level Domain)

Jenis Domain TLD merupakan Top Level Domain dari keseluruhan Domain yang ada. Berarti Domain Jenis ini merupakan Domain yang sering dipakai oleh banyak orang di Internet.

Sebenarnya terdapat Ribuan Domain TLD yang bisa Kalian gunakan, hanya saja yang paling banyak digunakan Berekstensi .com, .org, .edu, dan .net.

2. ccTLD (County Code Top Level Domains)

ccTLD merupakan Domain yang ditargetkan untuk Area tertentu, biasanya sebuah Negara dengan Ekstensi hanya 2 Huruf seperti .id untuk Indonesia dan .us untuk United States.

Nah dengan menggunakan Domain ccTLD, Kita bisa dengan mudah mendapatkan pengunjung dari Area yang Kita targetkan. Bukan hanya itu, Situs dengan domain ccTLD  akan lebih mudah dipercaya dibanding dengan Domain lain.

3. gTLD (Generic Top Level Domain)

gTLD merupakan Domain untuk Situs yang lebih Spesifik dan tidak menggunakan Kode Negara. karena itu untuk mendapatkan domain tersebut, Kalian tidak membutuhkan Persyaratan Khusus dan bisa digunakan untuk Situs Umum.

Contohnya seperti .store (Jual Beli), .Edu (Pendidikan), .org (Organisasi), dan masih banyak lagi. Selain mudah dikenal, Domain ini juga cukup unik karena beberapa Domain sangat Spesifik seperti .store yang menandakan bahwa Domain tersebut untuk keperluan Jual Beli Online.

4. Subdomain

Kalian pasti pernah mendengar kata “Subdomain”. Subdomain merupakan Domain turunan dari Domain utama. Jika Kalian ingin menambahkan Devisi di Situs Kalian, makan gunakanlah Subdomain, Misalkan google.com, maka subdomainnya adalah support.google.com.

Kalian bisa menggunakan Subdomain ketika ingin membuat Halaman Terpisah dari Situs utama. Misalkan Situs utama untuk Jual Beli, maka subdomainnya bisa Kalian gunakan untuk Situs Tutorial, Riview, dan sebagainya.

Perbedaan Hosting dan Domain

Hosting adalah tempat Penyimpanan, sedangkan domain adalah alamat situs. Ketika Kalian Mengetikan Alamat Domain di Address Bar dan mencoba untuk masuk, maka Server akan mengirimkan Konten yang diminta.

Jadi Perbedaan Hosting dan Domain sangat jelas, baik Fungsi dan Kegunaannya. Maka dari itu, ingat baik-baik perbedaan keduanya agar Kalian tidak kebingungan ketika ingin membuat Website sendiri.

Penyedia Hosting dan Domain Terbaik

Penyedia Hosting dan Domain Terbaik

Kalian sudah mengetahui Pengertian Hosting dan Domain, Jenis-Jenis Hosting dan Domain, dan Perbedaan antara Hosting dan Domain diatas.

Jika Kalian sudah mantap dan ingin membuat Situs Web sendiri, Saya mempunyai saran beberapa Penyedia Hosting dan Domain Terbaik dan Paling Murah, sangat cocok untuk pemula.

1.  000Webhost

000Webhost merupakan Layanan Web Hosting yang menawarkan Hosting Gratis dengan Kualitas yang tidak murahan. Disini Kalian mendapatkan Hosting 100% Gratis untuk selamanya dengan Fitur yang cukup menarik.

Beberapa Fitur Menarik tersebut diantaranya Disc Space= 1GB, Bandwith= 10GB, Gratis Cpanel, Gratis Iklan, dan bisa digunakan untuk 2 Website.

2. Niagahoster

Niagahoster merupakan Penyedia Hosting dan Domain dari Indonesia yang sangat Saya Rekomendasikan. Terdapat beberapa Paket Hosting yang bisa Kalian coba, Ada yang untuk Bisnis dan ada juga Paket untuk pemula loh.

Nah disini Kalian bisa memilih beberapa Paket Hosting di Niagahoster seperti Paket Bayi, Pelajar, Personal, ataupun Bisnis. Setiap Paket Hosting memiliki Fitur dan Keunggulan yang berbeda-beda, jadi pastikan Kalian membeli Hosting sesuai dengan kebutuhan.

Bukan hanya Paket Hosting yang bermacam-macam, Niagahoster juga menyediakan beberapa Domain paling murah yang bisa Kalian dapatkan mulai dari Domain .online, .store, .xyz, .site, .space, dan .tech.

3. Hostinger

Sama seperti Penyedia Web Hosting pada umumnya, Hostinger menyediakan beragam macam Hosting baik itu Shared Hosting, Cloud Hosting, ataupun Vps Hosting.

Bukan hanya Layanan Hosting nya saja yang bagus, Hostinger juga menyediakan Domain dengan harga murah, harga termurah dikisaran Rp 10.819/tahun.

Hostinger juga sering melakukan diskon besar-besaran hingga 90%. Kenapa Saya memilih Hostinger sebagai Penyedia Hosting dan Domain Terbaik? Tentu saja karena Fitur Andalannya yang tidak mengecewakan seperti Bandwith Unlimited, Gratis Domain+Ssl, Garansi Uang Kembali, dan Keamanan Terjamin.

Penutup

Hosting dan Domain merupakan Elemen yang sangat penting dan pembuatan Website. Setiap Hosting memiliki Kapasitas dan Fitur unggulan yang berbeda-beda, jadi sebelum membeli Hosting selalu perhatikan lebih detail Fitur apa yang ditawarkan.

Begitu juga dengan Domain, Setiap Domain memiliki kelebihan yang berbeda-beda, karena Ekstensi Domain bisa saja berpengaruh pada perkembangan Website Kalian (Tapi tetap saja, Konten adalah rajanya).

Sekian ulasan mengenai Pengertian Hosting dan Domain Beserta Jenisnya [Lengkap]. Semoga bisa bermanfaat untuk Kita semua dan Terima kasih telah membacanya sampai akhir.