5 Cara Mendapat Ranking 1 Google [Lengkap]

Blogkingstone.com – Jika Kalian merasa Cara Mendapat Ranking 1 Google itu susah, berarti Kalian sama sekali belum mendalami bagaimana cara kerja mesin pencari Google.

Mendapat Ranking 1 Google itu sebenarnya gampang-gampang susah, karena beberapa Faktor seperti Panjang Kata, Banyaknya Persaingan, Bounce Rate, dan Kecepatan Website sangat mempengaruhi pantas atau tidaknya Artikel Kalian berada di Ranking 1 Google.

Beberapa Cara Mendapat Ranking 1 Google [Lengkap]

5 Cara Mendapat Ranking 1 Google [Lengkap]

Untuk itu, disini Saya akan Share beberapa Cara Mendapat Ranking 1 Google paling lengkap dan bisa langsung Kalian coba sendiri di Website masing-masing

1. Panjang Artikel

Mengenai Panjang Artikel, ada dua pendapat berbeda mengenai masalah ini. Beberapa orang percaya bahwa:

  • Artikel yang Singkat, Padat, dan Jelas merupakan salah satu Cara Mendapat Ranking 1 Google karena bisa membuat Loading Page lebih cepat dan lebih mudah dipahami pengunjung.
  • Artikel yang memiliki Panjang lebih dari 2000 kata lebih memungkinkan untuk berada di Rank 1 Google karena bisa menebar kata kunci LSI lebih banyak dan bisa meningkatkan Bounce Rate.

Jika Kalian tanya mana yang lebih baik? jawabannya adalah kedua pendapat diatas bisa membuat Artikel Kalian berada di Rank 1 Google. Yang jadi masalah adalah:

  • Artikel yang harusnya dibuat pendek, malah menjadi sangat panjang dengan cara mengulang-ulang kata hingga Artikel tidak layak untuk dibaca oleh manusia.
  • Artikel yang harusnya panjang dibuat sangat Pendek karena rasa Malas dan ingin membuat Artikel dengan jalan yang instan.

Dalam kasus ini, biasanya Dwell Time lah yang cukup bermasalah. Dwelll Time  merupakan lama atau tidaknya pengunjung berada di Situs Kalian, semakin lama Google akan menganggap Artikel Kalian bagus dan berkualitas.

Apa Kesimpulannya?

Panjang atau tidaknya sebuah Artikel tergantung Konten yang ingin kita buat, apakah mengandung Materi yang banyak dan butuh penjelasan panjang lebar atau hanya butuh penjelasan yang singkat, padat, dan jelas.

2. Page Speed

Page Speed atau Kecepatan Situs menjadi salah satu syarat untuk mendapatkan Ranking 1 Google, kenapa? Karena Google ingin pengunjung merasa nyaman dengan Artikel yang dimuat lebih cepat, makanya Kecepatan Situs sangat diperhitungkan dalam Alogaritma Google.

Ada beberapa Faktor kenapa Page Speed atau Kecepatan Situs Kita lambat.

  • Penggunaan Widget atau tata letak yang berlebihan
  • Terlalu banyak Iklan atau Gambar yang dimuat dalam satu halaman
  • Penggunaan Animasi yang terlalu over
  • Terlalu mementingkan Tampilan sehingga melupakan page Speed

Kalian tahu AMP? AMP atau Accelerated Mobile Pages merupakan Project Google yang membuat halaman khusus untuk perangkat Mobile (Mobile Friendly) sehingga Kecepatan Situs dan kenyamanan pengguna akan terjamin.

Jika Kalian perhatikan, Situs yang menggunakan AMP lebih memungkinkan berada di Ranking 1 Google daripada yang lain. Kenapa? Karena kecepatan situs sangat berpengaruh besar dan Google sangat suka itu.

Maka dari itu, entah Kalian mau menggunakan AMP ataupun tidak, sebaiknya perhatikan Kecepatan Situs agar Google bisa merekomendasikan Artikel Kalian di Ranking 1 Google.

Tampilan yang Cantik atau Page Speed yang Cepat?

Keputusan sulit yang harus Kalian ambil mulai dari sekarang, karena mendapatkan keduanya baik itu tampilan yang cantik ataupun Page Speed yang cepat cukup susah.

Menurut Saya sendiri, lebih baik mengutamakan Kecepatan Situs daripada tampilan. Kenapa? Karena pengunjung lebih tidak suka dengan situs yang dibuka lama daripada tampilan yang kurang menarik.

3. Penggunaan Kata Kunci atau Keyword

5 Cara Mendapat Ranking 1 Google [Lengkap]

Penggunaan Kata Kunci atau Keyword memiliki pengaruh yang cukup besar agar Artikel Kita mendapat Ranking 1 Google, namun penempatannya tidak semudah yang Kita bayangkan. Memang cukup sulit, bahkan banyak kasus Artikel terkena Penalti karena penyebaran Keyword yang terlalu berlebihan.

Beberapa Penempatan Kata Kunci atau Keyword yang Saya Rekomendasikan terletak pada:

  • Judul Artikel (H1)
  • Meta Description
  • Awal, Tengah, dan Akhir Artikel
  • Permalink atau URL

Jika tidak memungkinkan, jangan terlalu memaksa menebarkan Kata Kunci di setiap sudut Artikel. Kenapa? Karena Artikel Kita akan dibaca oleh manusia, jika tidak enak dibaca otomatis akan mempengaruhi Dwell Time dan Akhirnya malah gagal mendapat Ranking 1 Google.

Berapa Banyak Kata Kunci yang harus di tebar?

Untuk banyaknya Kata Kunci yang harus di sebar, itu semua tergantung berapa banyak Jumlah Kata setiap Artikelnya.

Jika Kalian menggunakan WordPress Self Hosted, Instal Plugin seperti Rank Math Seo atau Yoast Seo untuk mempermudah mengetahui apakah Kata Kunci sudah di sebar secara maksimal atau belum.

Selain Kata Kunci Utama, Kalian juga bisa menebarkan Long Tail Keyword atau Kata Kunci Turunan untuk memaksimalkan posisi Artikel Kalian di Google. Untuk mendapatkan Long Tail Keyword, Kalian bisa menggunakan:

4. Mobile Friendly

Artikel Kalian ingin Mendapat Ranking 1 Google? Pastikan Website Kalian sudah Mobile Friendly atau Ramah terhadap Ponsel. Menurut Data Google, 50% pengguna mesin pencarian berasal dari Perangkat Mobile baik Android ataupun Ios.

Jika Website Kalian belum Mobile Friendly, sudah jelas akan buruk di mata Google. Jadi yang belum Websitenya Mobile Friendly, sebaiknya atasi hal ini agar Artikel Kalian bisa Mendapat Ranking 1 Google.

Apa Untungnya Situs yang Mobile Friendly?

  • Tampilan lebih baik ketika dimuat dalam versi Mobile
  • Artikel lebih mudah dibaca
  • Lebih nyaman untuk pengunjung
  • Secara keseluruhan akan terlihat lebih rapih

Kalian tidak tahu apakah Website yang Kalian punya sudah Mobile Friendly atau belum? Lebih baik gunakan Tool Google’s Mobile Friendly Test. Untuk menggunakan Tool tersebut, Kalian hanya perlu memasukan Alamat Website ke tempat yang sudah disediakan.

Setelah itu pilih “Test Url” dan secara otomatis hasilnya akan keluar. Jika hasilnya Mobile Friendly, Kalian tidak perlu merubah apapun pada Website. Selain Gratis, Tool ini juga buatan Google loh sehingga untuk keamanan dan kenyamanan sudah pasti terjamin.

5. Perbaiki Broken Link

Apakah Website Kalian sudah terhindar dari Broken Link? Broken Link atau Link Mati merupakan sejenis Link yang mengarah pada halaman 404 dan sejenisnya karena kesalahan Penautan ataupun Link berubah.

Jika Situs Kalian masih terdapat Broken Link, sebaiknya perbaiki hal tersebut agar Artikel Kalian bisa mendapat Ranking 1 Google. Broken Link ternyata memiliki pengaruh yang sangat buruk di mata Google, karena secara tidak langsung dapat mengurangi kenyamanan Pengunjung.

Beberapa Alasan utama kenapa Kalian harus menghindari yang namanya Broken Link.

  • Mengganggu kenyamanan pengunjung
  • Buruk dimata Google
  • mengurangi kualitas Seo Blog
  • Bisa mendapatkan Penalti dari Google

Untuk menemukan Broken Link pada Website Kalian, tentu saja tidak perlu mengeceknya satu-satu. Kalian bisa menggunakan beberapa Situs seperti Smallseotools, Brokenlinkchec, atau menggunakan Ekstensi Google Chrome Broken Link Checker.

Kenapa bisa terjadi Broken Link?

Mungkin Kalian masih bingung, kenapa bisa terjadi Broken Link padahal sebelumnya Url masih bisa diakses. Ada beberapa penyebab terjadinya Broken Link seperti:

  • Link Url diganti
  • Kesalahan penautan
  • Link Situs sudah tidak aktif
  • Tidak pernah di cek secara rutin

Untuk mengurangi penumpukan Broken Link, sebaiknya Kalian selalu Cek secara rutin agar Broken Link bisa dihindari. Ingat, pengaruh buruk Broken link sangat sangat besar untuk mendapat Ranking 1 Google.

Penutup

Sebenarnya untuk mendapatkan Ranking 1 Google itu tergantung dari Kualitas Artikel Kalian, untuk yang lainnya bisa dibilang Faktor Eksternal. Ada yang bilang Konten adalah Raja, jadi tanpa Konten yang bagus Google tidak akan merekomendasikan Artikel Kalian ada di Page One.

Sekian ulasan mengenai 5 Cara Mendapat Ranking 1 Google [Lengkap]. Semoga bisa bermanfaat untuk Kita semua dan terima kasih telah membaca sampai akhir.